Penyebab Penyebab Tidak Bisa Tidur

Udah lama nih, Ane gak update ni blog .. :D  Sekarang Ini Update-an nya . .

 Penyebab Penyebab Tidak Bisa Tidur  

Memang sulit kalo kita nggak bisa tidur, dari segimanapun biasanya sudah menimbulkan hal – hal yang tidak baik .
Berikut Ini penyebab penyebab gak bisa tidur . . :

 

1. Stress
Stress
Tanpa disadari, masalah yang ada di dalam kehidupan Anda akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Terutama jika Anda adalah tipe pemikir dan sensitif, maka jangan heran apabila Anda punya masalah dengan tidur.
TIPS: Konsultasikan masalah Anda dengan para ahli, atau orang yang Anda percaya. Mandi dengan air garam hangat agar tubuh Anda lebih rileks. Lakukan pemanasan sebelum tidur agar otot-otot lemas dan tidak kaku. Dan minum segelas susu putih hangat agar tidur Anda lebih nyenyak.

 

2. Camilan tengah malam

Lapar di malam hari kerap dialami banyak orang. Dan akhirnya banyak pula yang memilih mencari camilan dengan alasan tak bisa tidur karena perut lapar. Anggapan ini ternyata tidak benar, karena setelah makan di malam hari justru kualitas tidur Anda tidak baik. Tubuh juga menimbun banyak kalori sehingga lebih mudah gemuk.

TIPS: jika Anda adalah tipe yang tak bisa tidur jika perut lapar. Pastikan di dalam lemari es ada beberapa potong buah-buahan. Gantikan snack tinggi kalori dengan buah dan cobalah untuk kembali tidur.

 

3. Tidur dalam keadaan lapar.


Ini adalah sesuatu yang banyak orang berusaha untuk dilakukan, terutama ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan, dan merupakan salah satu hal terburuk yang dapat anda lakukan untuk kualitas tidur. Alih-alih dapat menurunkan berat badan, yang ada anda akan merasa sulit tidur karena perut lapar dan keroncongan.

4. Merokok.

Nicotine pada rokok adalah substansi yang bertanggung jawab terjadinya insomnia pada beberapa perokok. Nikotin merangsang jantung berdetak lebih cepat. Nadi lebih kencang, karena aliran darah ke otak juga terisi lebih cepat. Rasa lelah/kantuk hilang. Dan tubuh menganggap dirinya masih terjaga/bekerja.

 

5. Banyak mengkonsumsi kafein.

Konsumsi kafein telah dikaitkan dengan gangguan tidur, termasuk insomnia, karena efek fisiologis saja. Meskipun insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor lain seperti masalah kejiwaan, stres, obat-obatan atau alkohol, kurang olahraga, kebisingan yang berlebihan atau cahaya, dan penyakit fisik tertentu, telah ditemukan bahwa konsumsi kafein adalah penyebab paling umum dari gangguan tidur.

6. Ketidakmampuan untuk bersantai setelah pergi ke tempat tidur.

Banyak orang membawa masalah pekerjaan, atau masalah keseharian ketika dia beranjak tidur. Problematika hidup, susah senang, masa depan dan penyesalan sering dibawa ke tempat tidur. Hal ini akan mempersulit tubuh merasakan rileks dan memulai untuk tidur nyaman. Sebaiknya anda melupakan masalah hidup anda sejenak agar tidur bisa cepat dimulai.

 

7. Pola tidur yang tidak konsisten.

Untuk kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pergi tidur dan bangun pada kira-kira waktu yang sama setiap hari. Banyak orang memiliki kecenderungan untuk terjaga sampai sangat larut dan bangun sangat terlambat pada hari-hari mereka libur, ini yang mengganggu pola tidur yang normal.
8. Kurang Olahraga

Tubuh perlu olahraga bukan hanya untuk menjaga berat badan saja, namun juga untuk menjaga kualitas tidur agar jauh dari ancaman insomnia. Saat berolahraga, aliran darah akan selalu lancar dan otot-otot juga lebih lemas, sehingga tubuh akan lebih mudah menuntut untuk beristirahat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s