Ilmuwan Hasilkan Air Minum Dari Knalpot Mobil Diesel

Air memang menjadi kebutuhan paling mendasar yang harus ada. Terutama sebagai air minum yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan cairan di dalam tubuh dalam kondisi darurat, seperti dalam medan perang.

Satu teknologi yang dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan Oak Ridge National Laboratory, sebuah lembaga riset di bawah Departemen Energi Amerika Serikat, bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Para ilmuwan tersebut memanfaatkan asap buang dari mesin diesel untuk menghasilkan air minum.

Konsep teknologi mereka berangkat dari pembakaran bahan bakar hidrokarbon yang dalam proses oksidasinya menghasilkan karbon dioksida dan air. Air yang keluar dari saluran buang, kemudian dikumpulkan dan dikondensasi sebelum digunakan. Untuk mendapatkan air yang lebih bersih, tim ilmuwan tersebut juga menerapkan metode kapilerisasi dengan pori-pori mikro sebagai penyaringnya.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sebuah Humvee dengan tangki bahan bakar terisi penuh bisa menghasilkan air yang cukup bagi 3 orang. Teknologinya yang aplikatif untuk kondisi kering dan ekstrim tersebut menarik militer AS untuk mendanai proyek yang jika dibawa ke skala komersial, diperkirakan menyerap dana sebesar 6 juta US dolar.

One response to “Ilmuwan Hasilkan Air Minum Dari Knalpot Mobil Diesel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s