Glesier Arktik Pengaruhi Air Laut Dunia

Ilustrasi (gambar: blogspot)

Ilustrasi (gambar: blogspot)

PARIS – Mencairnya glesier dan puncak es di kepulauan Arktik wilayah Kanada, ternyata berperan penting dalam naiknya permukaan air laut, jauh dari yang perkiraan, demikian menurut sebuah penelitian terbaru.

Studi tersebut menemukan bahwa antara tahun 2004 dan 2009, sekira 30 ribu pulau es di kepulauan Kanada, menyimpan 363 kubik kilometer air, yang sama dengan tiga perempat isi dari Danau Erie di Kanada. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Kamis (21/4/2011).

Selama setengah dari periode enam tahun tersebut, rata-rata hilangnya massa es di kepulauan tersebut sebesar 29 kubik kilometer per tahun. Lalu untuk periode tiga tahun selanjutnya, rata-rata hilangnya massa es melonjak hingga 92 kubik kilometer per tahun.

Lalu selama periode enam tahun penuh, jumlah hilangnya massa ini menambah total satu milimeter naiknya permukaan air laut dunia.

“Wilayah ini diperkirakan sebelumnya tidak berkontribusi dalam naiknya permukaan air laut,” ujar Alex Gardner, seorang peneliti dari University of Michigan, yang juga penulis utama dalam penelitian ini.

“Kini kita sadar bahwa di luar Antartika dan Greenland, kepulauan Arktik Kanada merupakan kontributor terbesar untuk tahun 2007 sampai 2009. Wilayah ini sangat sensitif dan jika suhunya terus naik, kita akan melihat fenomena mencairnya es lagi,” katanya.

99 persen dari es dunia ada di Antartika dan Greenland. Kedua wilayah tersebut meski ukurannya besar, namun hanya berkontribusi setengah dari fenomena mencairnya es ke air laut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s