Minum Kopi Tidak Tingkatkan Tekanan Darah

Kopi (foto: Flickr)

Kopi (foto: Flickr)

NEW YORK – Sebuah studi di Amerika Serikat (AS) mengatakan kalau meminum kopi dalam jumlah banyak nampaknya tidak beresiko tingkatkan tekanan darah.

Sebelumnya banyak ilmuwan mengatakan bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi, yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke, disebabkan oleh kopi. Demikian seperti yang dikutip dari Reuters, Jumat (22/4/2011).

Tapi menurut sebuah laporan terbaru di The American Journal of Clinical Nutrition, yang mengumpulkan data dari enam penelitian sebelumnya yang melibatkan 170 ribu orang, menunjukkan bahwa kopi bukanlah menjadi pemicunya.

“Hasil penelitian ini menyatakan kalau kebiasaan mengkonsumsi 3 cangkir kopi dalam sehari tidak berhubungan dengan naiknya resiko hipertensi, dibandingkan dengan mengkonsumsi satu cangkir per hari,” tulis Liwei Chen dari Lousiana State University School of Public Health di New Orleans, yang juga berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Chen juga menambahkan, kalau dibutuhkan lebih banyak data lagi untuk mendapat kesimpulan yang utuh, mengingat studi ini tidak mengatakan kalau ‘tidak ada resiko meminum banyak kopi’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s