Mobil Irit Bensin dari ITB Siap Meluncur

 

Mobil irit bensin dari Bandung kembali dibuat. Kendaraan karya tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung itu akan berlaga di Shell Eco-marathon 2011 wilayah Asia 2011 di sirkuit Sepang, Malaysia, 6-9 Juli mendatang. “Targetnya satu liter bensin bisa untuk jarak 100 kilometer,” kata Kurniawan Surya Suminar, manajer proyek mobil Cikal Nusantara di Campus Center ITB, Senin 9 Mei 2011.

Mobil tersebut pengembangan dari mobil irit sebelumnya, Cikal, yang turun di lomba tahun lalu. Sekarang, tim yang beranggotakan 19 mahasiswa itu membuat mobil baru. Mereka merombak model mobil Cikal mulai dari mesin, desain mobil, sampai menurunkan bobot kendaraan.

Menurut Kurniawan, bobot kendaraan dirampingkan hingga jadi 100 kilogram. Mereka mengganti material rangka mobil dari aluminium dengan ukuran yang lebih kecil. Adapun badan mobil akan dibungkus dengan karbon fiber. Sebagai penggerak, mereka memakai mesin listrik yang umum digunakan mobil hybrid.

Untuk mengurangi hambatan, tim mengecilkan ukuran bagian atap mobil yang berbentuk persegi. “Supaya lebih aerodinamis,” kata mahasiswa jurusan Elektro Telekomunikasi ITB 2007 itu. Saat ini pembuatan mobil seharga Rp 50 juta itu masih dalam tahap perakitan.

Cikal Nusantara yang akan dipacu 40 kilometer per jam itu ingin memperbaiki keandalan mobil irit sebelumnya buatan ITB yang baru sanggup menempuh 31 kilometer per liter bensin. Adapun kelompok mahasiswa Teknik Mesin ITB membuat mobil Rakata di ajang yang sama. Rencananya, seluruh mobil irit buatan mahasiswa Universitas Indonesia, ITB, dan ITS Surabaya akan dipamerkan di Jakarta pada 14 Mei mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s