Perancis Akan Mengganti Seluruh Truk Sampah Konvensional Dengan Truk Sampah Listrik

Jika hingga kini dan entah sampai kapan truk yang digunakan untuk mengumpulkan sampah di Indonesia masih menggunakan truk konvensional dengan bahan bakar fosil, maka berbeda dengan Perancis yang sudah akan mulai mengganti semua truk sampah berbahan bakar fosil di negara itu dengan truk sampah listrik. Daerah pinggiran Courbevoie dengan populasi 70.000 jiwa akan menjadi tempat pertama di Perancis yang akan menggunakan truk tersebut.

Dua perusahaan di Perancis, PVI dan Semat, bertanggung jawab terhadap pengembangan truk sampah listrik tersebut. PVI mempersiapkan motor listrik dan termal serta transmisi elektrik yang digunakan di truk, sementara Semat bertanggung jawab dalam desainnya.

Untuk menghasilkan tenaga agar truk tersebut mampu bergerak dengan beban maksimum, baterai lithium ion digunakan sebagai perangkat penyimpan energi listriknya ketika diisi ulang pada malam harinya. Dengan baterai tersebut, truk itu mampu beroperasi selama delapan jam tanpa harus diisi ulang kembali sepanjang pagi hingga sore hari.

Meski hanya untuk mengangkut sampah, truk itu juga dioperasikan secara terkomputerisasi. Tujuannya agar kerja pengemudinya menjadi lebih praktis dengan cukup memonitor kondisi truk dan kinerjanya.

SITA, perusahaan yang akan menjadi operator armada truk sampah tersebut rencananya akan melepas 11 unit truk tersebut hingga akhir tahun ini. Dan setelah masa uji coba tersebut berakhir, SITA berharap semua truk sampah di Perancis telah berganti dengan truk sampah yang lebih ramah lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s